Hello!
Welcome to my little blog. Besides the stories, news, perspectives and rantings below. My last tweet was :
""

follow me on Twitter or follow me on PLURK

Thursday, May 31, 2007

Rule of Engagement

Kalo dari judulnya, kesannya mo perang, apa dikira mo tunangan?
Setelah 4 tahun mandul, akhirnya percetakan gue jalan lagi, dan buku pertama yang diterbitkan adalah "The Fiddler & The Glory" milik bokap. Setidaknya kita sudah mampu kembali untuk mencetak content dari buku tersebut walau cover dan publishing kita masih menggunakan jasa orang lain. Akibatnya, gue jadi semangat pengen nulis buku.


So far, baru ide dan kerangka bukunya aja yang udah dikerjain.

Bukan mau nulis novel loh, ntar saingan lagi sama Ollie. Gue niat banget untuk membuat sebuah guidebook bagi designer yang berisikan FAQ yang sering gue denger, seperti: "Gimana sih bikin studio?", "Ngasih harga gimana ya caranya??", "Habis kuliah ngapain ya??", dll.

Hopefully, juga bisa meredam sedikit permasalahan yang sedang santer saat ini, yaitu banyaknya designer yang price suicidal, yang ngasih harga seenak perut dan merusak pasar. Saat ini sih masih corat-coret aja konsep buku dan idenya, mungkin bisa 2 tahun dari sekarang buku ini selesai, atau mungkin gue harus cari teman buat nulis ini buku. Udah ngobrol sama Michael Yank dan Yoel, serta SMS pak'de Godote (belum dibales sih??!?).

Well selagi semangat nulis, Ganbate!!!
Semoga tidak kenalan dengan writer's block.

Wednesday, May 30, 2007

MALING MOTOR!!!


Ok, the earthquake thing turned out a hoax (thank God), tapi tetep aja hari itu kejadian buruk terjadi. Ada maling motor mampir kantor gue. Karyawan layout gue: Soeroso, kecolongan motor Honda Tigernya... naas banget. Padahal udah di kunci stang dan dicopot businya. Gile tuh maling.

Sembari dihibur para karyawan wanita, Soeroso sempet panik lama dan akhirnya nangis... iya lah, gue juga nangis kali kalo motor gue ilang, Honda Tiger hitam pula.

SIALAN TUH MALING!!!
Jika anda melihat motor Honda Tiger dengan plat nomer B6634NQ melintas, segera hubungi saya. I'd like to kick the s#it outta that thief.

Gempa lagi??

Earth Quake Prediction
Banyak kabar santer di Internet, tentang gempa yang akan terjadi hari ini akibat bertabrakannya lempeng tektonik Australia dengan lempeng Eurasia. Ada kemungkinan terjadi gempa berskala tinggi dan kemungkinan adanya Tsunami di selatan Jawa dan Bali. Gue ngga' tau deh ini hoax apa ngga, tapi with the disaster thats been hapening, I'm not taking chances. Ngeri banget deh, ini negara makin banyak aja cobaannya.


"Ya Allah, berikanlah kami kekuatan untuk menerima cobaan Mu."

Monday, May 28, 2007

New Game for my NGage QD

Dogz from Gameloft.

Walau udah Lawas, NGage gue ini masih tetep jadi kesayangan gue. Gak kebayang, tanpanya mungkin gue dah jadi tengkorak karena bosen nunggu client yang telat dateng atau sedang meeting. Walau pengen banget beli PSP kaya' si Boy atau Nintendo DS kaya' Thalia, gue males banget kebanyakan ngebawa barang. Kantong gue bisa jebol... Pilihan gue jatuh ke NGage karena emang nyatu ama HP. Downsidenya, graphics are so old fashioned. But then I bought it for its entertainment value anyway. :D

Setelah bosen mainnya itu-itu melulu (Worms, Collin McRae, Fifa2006, & Pool), akhirnya kemaren dikasih game sama abang gue. Dogz. Whoooopeeee....

Lucu sih, macam tamagotchi, tapi dengan anjing. You can teach it new tricks, take him/her for a walk, play frisbee, ball, take it to a vet, competition, the beach, and more. Lucu lah buat iseng.
Wonder if they'll make "Catz" anytime soon.

Saturday, May 26, 2007

Pameran Senirupa Religi 2007

20 Mei 2007 sebetulnya adalah hari kebangkitan nasional, namun daripada kita celebrate sambil upacara gak jelas di lapangan, I organized a small painting exhibition at Hotel Grand Cempaka. Pameran yang digelar selama 5 hari itu memamerkan karya 2 seniman, yaitu Yoesoef Effendi dan Priyono. Ini adalah kali ke 3 kita mambuat pameran bagi pak Yoesoef dan pertama bagi pak Priyono.

Yoesoef Effendie, Marzuki Usman, Dad, Priyono
Yoesoef Effendi, Drs.Marzuki Usman, my Dad, Priyono

Yoesoef Effendi (Foto, paling kiri) adalah mantan Art Director di Matari Advertising. Penyakit memaksanya untuk berhenti bekerja, dan sejak itu ia hanya bisa berdiam dirumah. Akhirnya lulusan ISI Yogyakarta itu mulai melukis, mengabungkan ilmu desain dari pekerjaannya dan ilmu seni murni yang ia dapatkan saat kuliah. Hasilnya merupakan beberapa karya lukis dan 3 dimensi, dan kadang persatuan keduanya.

Sama halnya dengan pak Yoesoef, pak Priyono (Foto diatas, paling kanan), beliau dahulu seorang designer di sebuah perusahaan advertising di Jakarta. Penyakit lever akutnya membuatnya diberhentikan. Alumni IKJ ini juga seorang pengemar Astronomi, jadi ia berfikiran untuk melukis bintang dan langit.

Keduanya menemukan revelasi yang sama: Lukisan mereka terkesan hampa, meaningless. Keduanya akhirnya memasukkan ayat-ayat Al-Qur'an ke dalam lukisan mereka dan menemukan dimensi baru. "Lha kok cocok", kata pak Priyono saat kami berdua ngobrol beberapa bulan yang lalu saat merencanakan pameran ini.

Me & ViraPameran Senirupa ReligiPameran Senirupa Religi

Saya sangat berterima kasih kepada pak Drs.Marzuki Usman, mantan meteri pariwisata dan perhutanan yang mau membuka acara kecil-kecilan ini. Semoga dimasa depan hal seperti ini bisa berlanjut terus dan saya dapat membantu rekan-rekan designer lainnya yang ingin terus berkarya walaupn dalam keadaan sakit. Amin.
Pameran ditutup pada tanggal Kamis 24 Mei lalu dengan 9 lukisan terjual. Thanks buat Grand Cempaka Hotel yang memberikan tempat secara free of charge, dan semoga hasil penjualan lukisan ini dapat membantu kedua pelukis ini untuk terus berkarya.

Bakmi Ayam Tjandra

Bakmi Ayam TjandraHahahaha... jadi wisata kuliner nih jadinya.
Walau namanya Mie Ayam Tjandra, ini bukan punya gue (walaupun kaya'nya seru tuh jualan mie). Ini adalah satu lagi tempat makan enak di Cempaka Putih. Buka dari jakm 6 pagi sampai jam 3 sore. Mie ayam jamur disini enak banget dah, sumpah. Bisa tambah pangsit rebus atau goreng, dan juga bakso. Kalo kata Yoel: Top Markotop dah.

Selain mie ayam, dia juga jual nasi tim ayam jamur dan sop pangsit. Harga relatif murah lah untuk harga segini, semangkok paling menjebol dompet loe 8.000 perak doang. Lumayan buat makan siang, atau buat makan pagi kayak gue, hehehehehe...

Rasanya... Mak Nyosss tenan!

Bakmi Ayam Tjandra Maniak Sambal Vira Cemberut

Thursday, May 24, 2007

Cat-tastrophic Maintenance

Bubur Ayam Cempaka Putih

Serius, enak banget. Gerobak bubur ayam ini terletak di Jl.Cempaka Putih Tengah 16, dan cuma adanya pagi dari jam 6 s/d jam 10. Udah gitu dagangnya kalo abangnya lagi mood, tapi beneran, enak, loe musti coba.

Harganya emang rada mahal, Bubur ayam plus satu tusukan itu 10.000 perak, tapi lumayan worth it, karena buburnya sendiri enak, kuahnya gurih, dan yang paling top adalah sambelnya yang pedes, tapi enak banget. Semangkok bubur ini dijamin bisa-bisa gak makan siang, gue buktinya. Seringkali kalo makan bubur ini paginya, pas pulang kantor baru nyadar belum makan malem.

Tadi pagi gue makan versi satu tusukan, dan Rika dua tusukan (kok banyakan Rika ya makannya??). Vira cuma bisa ngeliatin sambil main sama gelas Aqua, hehehehe... ntar ya kalo udah gedean.

What is the maksud?


Dalam perjalanan ke Mall Ambasador yang macetnya weleh-weleh... ada mobil box di depan gue dengan pintu yang bertulisan aneh: "Garansi Bocor 1 Tahun".
Apakah maksudnya kalau beli mobil ini, akan dijamin dalam satu tahun akan bocor? Heran, kok ada yang mau ya ngebeli mobil yang menjamin seperti itu. Siapa nih yang salah? Bad copywriting?

Wednesday, May 23, 2007

Keputusan berat...

Imagine this: kau berteman dekat dengan seorang pria dan seorang wanita, mereka menikah, dan setelah 6 tahun menikah, ternyata salah satunya selingkuh, dah kau tahu. Apakah kau akan beritahu partnernya?

Risk of breaking up their family... what about their children...
Dilema berat, gue gak tau musti gimana. Please give me your advice.

Cape Deeeeeeh...

Rese banget deh traffic Jakarta pagi ini.
Jalan tol ke dalam kota macet total, bikin bete. Ada truck mogok rupanya. I spent almost 2 hours from my office to Pancoran. Kalau tau bakal macet gitu gue lewat Saharjo kali. Akhirnya gue telat 30 menit datang ke meeting. Untungnya client gue mo ngerti.

Jalan tol kok macet? Apakah mungkin keadaan ini bakal berubah?
Heck no.

Tuesday, May 22, 2007

Finally on sale

This is the cover of my father's latest book which has just finished printing. I drew this illustration and designed the cover like 6-7 months ago, and now its finally on sale at a book store near you. It's not a novel, its an economics books about corruption inside a company, done by players who knows how to get pass all the protocols and security, fast and tricky like a fiddler.
This book talks about them, and tells us that in the end, however clever you are, corruption is still wrong and is a sin.

Monday, May 21, 2007

Gagal Menyebalkan


I'm pissed off. Really.
Storyboard untuk TV commercial mobile sms ini sebetulnya sudah masuk ke tahap approval, namun saat akan meeting konfirmasi (serta penyerahan P.O), eh bos bos yang punya perusahaan sedang bertempur, kedua pihak saling tunjuk menunjuk, rupanya ada korupsi di perusahaan mereka. Akhirnya mereka saling berantem di pengadilan dengan pengacara masing-masing, kok jadi pengacaranya yang dapet duit sih??

Yang menyebalkan, proyek ini kena imbasnya. Gagal! Not because of disatisfaction, tapi karena masalah internal mereka, nyebelin ga tuh...

These guys think I'm from New Jersey

What American accent do you have?
Your Result: The Northeast

Judging by how you talk you are probably from north Jersey, New York City, Connecticut or Rhode Island. Chances are, if you are from New York City (and not those other places) people would probably be able to tell if they actually heard you speak.

Philadelphia
The Inland North
The Midland
The South
Boston
The West
North Central
What American accent do you have?
Quiz Created on GoToQuiz

Friday, May 18, 2007

Menteng Park

Ada long weekend minggu ini. Kebetulan dari kemaren pengen nyobain jalan-jalan di taman Menteng, dan akhirnya kesampaian juga deh.

Taman yang dibangun diatas bekas stadion bola Menteng ini lumayan kecil tapi penuh hiburan. Ada beberapa tempat untuk exhibition, tempat main (playground) buat anak-anak, dan beberapa lapangan bola, lapangan basket, serta dua air mancur.

Family oriented park banget. Hopefully akan lebih banyak dibangun seperti ini. Features terbaik adalah kebersihannya, dimana-mana tong sampah. But this being Jakarta, kita lihat seberapa konsisten pemerintah DKI soal ini.

Dari fotonya jelas gue masih ngantuk, hahahaha, kita berangkat dari rumah jam 5. Cukup pakai parfum aja, mandinya ntar kalo dah pulang (ih jorok deh).

Tuesday, May 15, 2007

Baru Itu Tak Selalu Bagus

Warnanya salah semua... almost became my worse nightmare.

Biasalah, gue emang ga' pernah akur sama orang accounting. Demi cutting cost, mereka menerima vendor baru untuk urusan cetak. Harga sih emang ok banget, 30% dibawah harga reguler kita, dan mereka pun pake embel-embel mesin baru. Settingan mesin pun mereka bilang sama dengan yang biasa gue pake, yaitu Japaneese Press Standard 2. Gue udah ragu sih, karena pertama, dari gelagat mereka presentasi gue yakin mereka masih baru banget. kedua, dari semua pertanyaan yang dilontarkan, mereka jawabnya "bisa" semua. Hebat banget tuh mesin?

Oh well, kita coba dengan 2 brosur yang sedang kita buat untuk sebuah sekolah ekonomi dan sekolah fligh officer, dan pre-pressnya jelek abis. Masa gambar cetakan sama yang di layar Freehand gue sama persis. Nope, sama persis is not a good thing, karena berarti itu mesin nyetaknya RGB bukan CMYK. Hasilnya warna pada off sekitar 10-20% semua. Wah kacau nih. Balik lagi deh ke percetakan lama.

Friday, May 11, 2007

SNL: 80's Workout Video

Ahahahahahahahaha... 80's Banget sumpah. Drew Barrymore Top!

Thursday, May 10, 2007

Happy Birthday Bro

It's my brother Erwin's birthday today. Born 1971, so he's like 36 years old today. Happy Birthday Bro, semoga panjang umur, sehat selalu, keluarga sakinah mawardah, pada tambah sayang, dan dimurahkan rezekinya. Amin....

Mas Erwin started out in the design business too, then suddenly went to the dark-side of the communications. Yup, he's now working for the mobile phones industri, although he still has a small design studio for small bits, but most of the time he's in the content communication business.

For those who are wondering: "Masa' sih ini kakaknya Chandra?? Sumpah Kaga Mirip!!"

Well, keep in mind that the good looks gene pool in my family larinya semua ke gue, wahahahahahahaha...

Happy birthday Taurus Boy, dikurangin ya Stubborn headmu itu... (mungkin susah ya, soalnya emang keturunan, sekeluarga stubborn headed).

Iseng itu Indah


Ari dan Thalia adalah sepasang suami istri yang kini bermukim di Singapura for god knows how long (read their blog). Mereka berdua bekerja dalam satu industri dan keduanya kini bekerja dalam bendera mereka sendiri: Pericraft. Well, gambar diatas adalah kerjaan iseng terbaru mereka. Coba deh liat di http://www.avocadolite.com/home, kerja iseng aja begini, gimana...

Upgrades & Busted

Akhirnya sempet juga Upgrade ke CoreDuo dan sekalian memory boost ke 2GB. Semua applikasi jadi lebih cepat, apalagi rendering, top dah. Sebetulnya sih alasan upgrade karena gue pengen banget main Command and Conquer 3: Tiberium Wars. Eh, tau-tau DVD drive gue rusak, nasib nasib...
:(

Hadiah buat Mertua


Masih sketsa awal (maklum ngerjainnya baru semalem), rencananya menyambut ulang tahun pernikahan mertua gue bulan depan, ini gambar bakal jadi salah satu hadiah. Belum finishing dan detail. Udah 2 tahun terakhir ini seneng gambar potrait, walau yang terakhir dikerjakan sudah agak lama.

Wednesday, May 09, 2007

Miss Universe 2007

Inget kan covergirl yang jadi model iklan pasta gigi Close Up, yang jadi boneka sama Nicholas Saputra. Ya, that super cute girl Agni (no relations to the notorious agni) dinobatkan menjadi Miss Indonesia dan tahun ini mengikuti ajang Miss Universe 2007. But did you see what she looks like in the pageant? Sanggat tidak representatif Indonesia, lebih mirip jebolan Saritem (tanpa maksud kalo gue pernah ke Saritem ya). Man, who designs those Miss universe swimsuits? Zebra patterns?? Ntar disangka Zebra Cross loh.



Bukannya saya tidak normal, tapi sebetulnya saya gak ngefans sama acara-acara macam miss world, miss universe, dan miss miss lainnya, karena "nanggung", mbok ya kalo mau ngeliatin aurat ya sekalian XXX aja gitu. Nonton acara begini tuh dosa nanggung.

The story was, tadi pagi Rika beli tabloid gossip yang berisikan tentang acara ini, dan sesampai dikantor pun banyak tabloid penurun IQ ini dimeja anak desain yang cewe dan yang rada cewe (si Suroso). Wah, paparazi Indonesia tuh jago banget gali kotoran ya, bisa dapet aja foto si Miss Indonesia lagi ciuman sama pacarnya. Emang sih sangat tidak mencerminkan seorang "wakil Indonesia" gituh. Kalau di Indonesia ajang miss Indonesia bisa dilakukan sopan dan berbusana, kok kenapa kita harus ikut-ikutan swimsuit segala sih. Orang Indonesia tuh gak cocok pake swimsuit. Baju kemben dan kain yang basah, seperti kalo lagi pada nyuci di sungai tuh the closest thing to a sexy swimsuit yang cocok buat orang Indonesia, mbok ya dibikin gitu. Rambutnya ya mbok di konde biar rada sophisticated. Love your culture man.



Tapi setidaknya ada beberapa hal yang bisa bikin gue ketawa, seperti miss Korea yang sepertinya masih keturunan sama Tessi pelawak. Liat tuh cincin akik gede ditangannya, good luck charm dari papahnya? Yang jelas sih, menang atau tidak, saya sangat berharap Agni tidak se-goblok Nadine yang bilang: "Indonesia is a Beautiful City".

Tuesday, May 08, 2007

8 years ago...

Setelah kembali ke UNPAS hari Sabtu kemaren, gue jadi sadar kalau ada foto ankatan gue diatas meja kerja di kantor. Gile... tampangnya cupu-cupu banget. Gue inget banget nih foto diambil di Jonas Studio, Bandung, pas sehabis kita Ujian Akhir Semester (UAS) pada tahun 1999. Satu orang bayar Rp.6000, dan terkumpulah ankatan 97 DKV UNPAS.


Yup, angkatan gue cuma ada 2 kaum hawanya... kita para lelaki harus merambah jurusan lain untuk mendapatkan wanita. Namun ada kabar bahwa Veda (baju biru muda) jadian sama Iman (paling kanan, kedua dari atas) dan akan menikah 12 Agustus tahun ini. Sebetulnya ada 3 kaum hawa sih, satu lagi bernama Lina, atau lebih sering dipanggil anak-anak DingDong.

DingDong??

Ya, ceritanya dulu waktu tingkat satu, Lina yang semok banget sedang duduk saat kuliah dengan celana ketat sekali sehingga celana dalamnya ketarik dan terlihat (maaf) belahan pantatnya. TZR yang ga ada kerjaan, memasukkan duit receh ke (maaf lagi) belahan pantatnya. Herannya, si Lina gak ada reaksi, sehingga TZR makin gelo dan masukin lebih banyak lagi. Habis deh Rp.2000 dalam pecahan 100 rupiah masuk ke (sekali lagi maaf) belahan pantat si Lina. Sehabis itu anak-anak memanggilnya DingDong, karena bisa dimasukin recehan seperti mesin mainan dingdong. Lina drop out di awal tingkat 2 karena tidak ikut UTS dan UAS. Katanya dia salah jalan ke kampus (kok bisa???!?!?).

Masih banyak sih cerita kocak lainnya, but for next time. Sementara ini, loe ketawain aja deh foto cupu gue dulu. Gaya gue dulu gitu, topi hitam, tshirt hitam, jas hujan panjang coklat, sok Basquiat banget dah.
Gile... masih langsing tuh badan.

I miss those days. Kapan ya bikin reuni?

Buat iseng dimalam hari

Hayoo... jangan jorok deh.
Well, ceritanya begini. Sejak nikah kan gue secara tidak resmi mengundurkan diri dari dunia advertising demi bisa kerja 9 to 5 dan mengurus secara serius studio design gue. Masalahnya jam tubuh gue masih jetlag di Advertising time: tidur setidaknya jam 12 malam.

Dihari biasa, Monday to Friday yang biasanya jarang ada olahraga malam dengan istri (capek kaleee kalo hari kerja), tentunya setelah menidurkan anak, istri gue langsung tidur jam 9 malam. Bengong lah gue. Bosen nonton tv doang.

Nah, beberapa waktu yang lalu, ada teman yang menawari sidejob translation untuk jaringan TV satelit dan kabel. Bisa dikerjakan kapan saja, pokoknya beres. Sepertinya cocok nih untuk ngisi malem gue (daripada gue ngakak liat tukul dan anak gue bangun). Ya jadilah gue seorang translator untuk mengisi subtitle acara TV macam Discovery, AXN dan Disney Channel.



So far, masih latihan. Gue dah menyelesaikan acara "Super homes" untuk Discovery Channel, "That's So Raven" untuk Disney Channel, dan "CSI" untuk AXN, sekarang masih mengerjakan satu episode lagi CSI.
Lumayan fun kok, dan the money is good buat sidejob.

:-D

Monday, May 07, 2007

Kembali ke UNPAS

Sabtu tanggal 5 lalu, gue kembali ke kampus gue di Bandung. Karena malas bawa mobil sendiri, akhirnya jam 7 pagi aku naik travel Baraya dari Cikini sampai jalan Cipaganti di Bandung, dan naik angkot ke jalan Setiabudi. Aku sampai di kampus jam 09.15 pagi, cukup waktu untuk melihat-lihat kampusku yang sekarang sudah berubah banyak.

Selepas SMA tahun 1996, aku bersama Asis dan Sinta ikut test jurusan Seni Rupa di ITB Bandung (UMPTN gue dapet jurusan KIMIA UI bo... gak kebayang kan Chandra jadi chemist. Ntar ngebakar lab lagi, parah-parahnya malah jualan obat, hahahahaha), dan hanya gue yang lulus dari mereka bertiga. Sesampai di Jakarta, ternyata gue keterima beasiswa untuk belajar di Belanda. Pikir gue: "Kapan lagi ke luar negeri gratis?". Ya akhirnya ike ke Belanda.

Sayangnya emang gue blo'on soal ngitung-ngitung, gue fail Accounting 2 semester, dan hilanglah beasiswa. Eh krismon pula... akhirnya pulang deh ke Indonesia. Males liat Jakarta karena kecengan udah kuliah di luar daerah, gue pergi ke Bandung bersenjatakan surat "Anda diterima di jurusan Senirupa ITB", gue ketemu dengan rektor ITB. "Boleh langsung masuk, tapi tunggu angkatan '98 ya". Males banget dah. Gue ke Unpas bawa kertas yang sama, sambutannya lebih meriah. Februari 1998, gue resmi jadi mahasiswa DKV Universitas Pasundan... *suit-suit-priketiewwwww*


Tizar : "Gue tadi pengen nulis apa ya??"

Oh well, setelah lulus tahun 2001 (kuliah ngebut 2,5 tahun coyy....), akhirnya kini gue balik karena panggilan almamater. Gue pengen contribute untuk kampus gue. Ditemani oleh Tizar, Fatra dan (yang telat banget dateng) Dewi, kita rapat di "Calon gedung FSRD" yang belum jadi.
Kampus ini dulu didominasi oleh FSRD, kini dominasi oleh anak-anak Tehnik. Yeah, we have the crappiest design facility in campus, tapi liat dulu dong kreativitasnya.

Calon gedung FSRD?? Hope so. Naik gokart yuk (apa seeeeeh?!???)

Ok, dasarnya para alumni setuju untuk mengadakan workshop tambahan serta beberapa bimbingan dan mengembangkan kembali UKM yang pernah didirikan oleh angkatan gue (Komik, majalah, TV, dan radio), dan mungkin membuatnya menjadi sebuah kompetisi.
Sepertinya ankatan sekarang kurang aktif melakukan kegiatan di kampus sehingga terlihat mati. Well, I think its time to do something about it.


Selagi di kampus, gue sempetin diri untuk mengambi ijasah yang sudah 6 tahun ngga gue ambil-ambil, hehehehe, emang penyakit malas ini susah disembuhin. Kampus gue makin gede dan berubah, I just hope jurusan gue ikutan gede, gak jadi kutu diantara para raksasa. I went home with so much plans in my notepad. Will work on it soon, I promise.

Sunday, May 06, 2007

Losing Friends

Innalillahi wa ina Illaihi Rojiun...
Pada hari Jum'at 4 Mei 2007, saya kehilangan dua teman baik. Yang pertama adalah kak Sentot Soenaryo, atau yang biasa saya kenal dengan Cassie. Yang kedua adalah Pendi, atau biasa dipanggil Pepeng Morrison oleh kawan-kawan kuliahnya, wafat muda seperti idolanya Jim Morrison.

Cassie adalah senior saya di Paskibra SMAN 77. Beliau dulu adalah pelatih Pramuka, seorang nasionalis, dan peduli pada masa depan anak-anak Indonesia. Dia jugas seorang suami dan ayah yang baik, seorang entepreneur sejati, dan kabar terakhir adalah direktur sebuah pelatihan komputer dan bahasa di Banjarmasin.

Beliau merupakan seorang father figure bagi banyak orang, termasuk saya. Ia mengajarkan saya membagi waktu antara kerja dan kewajiban, serta artinya kepuasan hati dari mengajar. Beliau wafat di Banjarmasin. Saya tidak menyangka bahwa pertemuan dengannya pada 13 Mei 2006 adalah yang terakhir. Saat itu saya mengantarnya ke rumah kakaknya setelah acara reuni Paskibra SMAN 77, dan kata-kata terakhirnya pada saya adalah: "Sampai Jumpa lagi Chandra". He will be missed.

Pendi merupakan salah satu teman baik saya selama kuliah di Bandung. Saya pernah beberapa kali bermukim di kostnya saat mengerjakan tugas. kost-annya sendiri akhirnya menjadi base-camp anak-anak. Saat itu dia satu-satunya yang memiliki tape deck yang menyatu dengan CD player, jadi dulu saya sering mindahin lagu dari CD saya ke kaset di kostnya (maklum dulu di mobil masih jarang ada yang pake CD player, kaset semua).

Pendi pernah coba-coba minum jamu, yang ternyata menimbulkan alergi berat. Pigmennya berantakan disekujur tubuhnya. Beberapa kali dia minta saya mengantarnya untuk ke dokter kulit dan beli obat, terakhir bertemu, masalahnya itu hampir hilang. Beliau fans berat Jim Morrison dan the doors. Poster besar Jim Morrison di kamarnya mendapatkannya panggilan Pepeng Morrison. Saya tidak pernah bertemu lagi dengannya setelah lulus. Ada teman yang mengatakan dia jatuh ke lembah obat-obatan, namun saat ia wafat, beliau sudah satu tahun bersih.

Semoga Allah YME mengampuni dosa keduanya dan menaruh mereka disisinya. Thank you both for being part of my life. Withoout you, there would've been a big hole in my life.

Saturday, May 05, 2007

Economic Package Concept

So, if you connect the dots together, you will have a picture of Britney Spears.

Yeah, I'm starting a new design for a new ERP system, a brainchild of last night's "can't sleep, so I sketch on my pad" things. The idea was came since Mus called me yesterday to for a meeting with a potential client next Tuesday. The truth is, we haven't been selling much of our softwares lately, so I think we need a new overhaul of our softwares, maybe take out a lot of the extra features that most of our clients don't use and get straight to the point. I call it the Economic Package.

Well this is my concept so far, and presented it to everyone at this morning's staf meeting. I still need to show them to Mus and Dino after this, so hopefully all the concept is ready by this afternoon.

Friday, May 04, 2007

My Birthday Wish

The wheels I mean, but if you wanna throw in the blonde, saya berjanji untuk tidak menolak.

Thursday, May 03, 2007

Lunch with Yen 2.0

Hari ini aku lunch dengan Yen-yen di Setiabudi-One building. Kebetulan Yen-yen beli tiket untuk pulang ke Surabaya dari gue (thank you for your purchase), dan kebetulan pengen ngobrol aja sama si ibu berpipi chubby itu.
Tadinya dia ngajak ke Mangkuk Putih, tapi dulu pernah punya bad expereince gue di restoran itu, yaitu alat makan dan mangkuk ynag tidak bersih. Untung dia punya better Idea. Kita makan di Te Wan restaurant. Rp.80.000 itu porsi berdua, makan nasi dengan lauk pauknya. Enak semua kecuali kacang panjangnya. Sebetulnya kacang panjangnya enak karena tidak ada isinya, cuma karena gue emang dari sononya bukan Fans Berat kacang panjang, ya will never be my favorite dish.
Anyway, we talked about business, gue penasaran dengan dia yang baru-baru ini memasuki dunia freelance dan kerja sendiri, but she's doing well. She's now a design consultant for a holding company dan masih freelance sana-sini. Update yang paling menggembirakan, akhirnya ibu ini tidak jomblo lagi, walau dia belum mau ngenalin pacarnya ke gue, kabarnya si boyfriend resides in Holland. Awas kalo sampe ketahuan namanya, gue kerjain loh. I still have a lot of friends in Holland.
Sayang banget gue gak bawa kamera, padahal gue mo foto banget makanannya disitu.

Im in Monas

Not I'm in Monas, (although I was too) but Im as in Ferwima was in Monas last Sunday.

Im is a friend from my days blogging with TA. She's from KL, and we've met a few times when she has the chance to visit Indonesia. Kali ini Im datang untuk seminar di JCC dengan rekan-rekan kantornya selama 10 hari. Minggu pagi (00.30) gue jemput di Soekarno-Hatta, dan pagi-pagi langsung deh kita ke Monas, karena dia juga sudah janjian dengan temannya yang seorang wartawati dari KL juga, untuk ikutan acara Plesiran Tempo Dulu-nya anak-anak BatMus (sahabat museum).

Jam 07.00 pagi, gue, Rika, Vira, Im dan keponakanku Tasha berangkat ke Monas. Seperti biasa, penuh sesak dengan orang lari pagi, main bola, jalan-jalan, naik sepeda, dll. Kita tentunya jalan-jalan dulu keliling taman monas dan berfoto-foto sembari menunggu teman-teman Im datang.
Yang tidak boleh ketinggalan adalah naik kereta kuda, ini bagian favoritnya Tasha. Vira mah malah cuek dan tidur.

Sayangnya matahari terbit terlalu cepat, jadi agak terlalu panas untuk melanjutkan jalan-jalan. Kita meneduh di bawah patung Diponegoro sambil menunggu teman-teman Im yang tak kunjung tiba juga. Padahal udah laper berat nih. Akhirnya mereka tiba juga sekitar jam 09.00 (janjinya jam 07.30).

Akhirnya kita berpisah, Im and friends ikut PTD, sedangkan gue, Rika, Tasha dan Vira makan Somay di Cikini. Rencanannya sih pengen ke Ragusa, tapi Tasha pengen banget nonton Avatar di Nickelodeon jam 10.00. Pulang deh. Eh, malah gue ikutan nonton Avatar :))
Kapan kita bisa poseng-poseng Im?? In KL maybe?

Wednesday, May 02, 2007

First to Fly: Lion Air's 737-900ER

Ok, not exactly maiden flight, tapi penerbangan pertamanya di Indonesia, and not exactly first, tapi ya setelah pak Wakil Presiden.

If you were wondering kenapa hari Senin (30 April 2007) Chandra seharian Yahoo Messangernya ga nyala, itu karena gue lagi sibuk berleha-leha di Bandara Seokarno-Hatta menunggu kesempatan gue untuk naik Boeing 737-900ER terbaru milik Lion Air. Yup, I'm lucky enough to get an invitation untuk menjadi salah satu penumpang pertama pesawat high-tech terbaru keluaran Boeing. Man its good to be me.

Tadinya gue sempet dilarang bawa kamera, pakai ditanyain press-pass sama Paspampres segala. Mas, ini tustel gitu loh! Kalo nanya press-pass ya sama yang bawa kamera Nikon segede gambreng dong.

Setelah mendarat di Soekarno Hatta pada jam 10.00 dan selesai diresmikan oleh wapres Yusuf Kalla, gue harus menunggu beliau dan beberapa eksekutif lion air untuk terbang perdana menuju Halim Perdanakusuma, lumayanlah, 50 minute wait, dan pesawat itu kembali touch down di Terminal 1 Soekarno Hatta.

Gue dapet tempat duduk pas di wing, disebelah seorang wartawan dari koran Medan. Interior standar sih (namanya juga low-cost). Kelebihan dari pesawat ini selain anti-karat, dapat memuat 26 row lebih dari pendahulunya, juga fuel efficiency serta adanya Heads Up Display (HUD) di cockpit, mirip di F16. Gue ga tau deh HUDnya buat apa, emang mo nembak airline lain apa ya??


Akhirnya setelah mbak Pramugari cantik yang bernama Ellen memberikan demonstrasi cara memakai seatbelt yang baik dan benar, kita take-off. Jeleknya pilot Indonesia itu adalah bahasa Inggrisnya yang blepotan, antara itu atau dia ngomong sambil ngulum microphonenya.

Kita terbang dari Jakarta menuju Yogya (tadinya ke Bali, huhuhuhu... gak jadi), namun tidak landing, dan straight kembali menuju Jakarta, kembali mendarat di Soekarno-Hatta. Total penerbangan cuma 1,5 jam, dan juga sebagai show of power kalau Jakarta-Yogya-Jakarta, pesawat tidak butuh refuel... ngga' cepet haus kaya' Xenia gue, hehehehe.

Rencananya tanggal 2 Mei (today) pesawat ini will be in service serving the Jakarta-Bali route. Loe bisa liat foto cockpitnya dibawah. HUD nya di sebelah kiri. Keren sih keren, tapi kok mirip spion ankot ya?? Hahahahahaha...
Nah, kalo penasaran mo naik Boeing 737-900ER, booking aja ticket ke Bali lewat Anglindo travel, atau telpon 021-42877009 **iklan dikit boleh dong, hehehe**

Tuesday, May 01, 2007

Guilty pleasure

I had a meeting with a client today at PlazaEX, and the meeting took place at Bakerzinn. Ngga' terlalu berhasil sih, karena clientnya ngga' tau dia mau apa, tiap gue suggest dia selalu ngomong: "I don't know?? maybe something less expensive". Padahal ngomongin harga aja belum, tapi orang ini udah parno duluan. At the end, ya gue bilang akan kirim dia proposal plus quotation buat dia pilih-pilih. But I know it's going nowhere... (biasanya 4-10 bulan kemudian dia telpon balik dan setuju tentang salah satu item di quotation gue, tapi minta diskon... halah, cape deee).

Tapi ada satu hal yang bikin gue demen banget hari itu... my order. Ok, I know I've said a million times that I don't really like things that are too sweet (except for my wife), tapi ini desert yang kudu-musti-harus-must kamu coba: Warm Chocolate cake. Liat aja tuh white chocolatenya yang nyatu sama whipped cream sampai jatuh dari situ... oh yum, delicious melting lava.



Yeah, chocolate is my guilty pleasure.. :D