Hello!
Welcome to my little blog. Besides the stories, news, perspectives and rantings below. My last tweet was :
""

follow me on Twitter or follow me on PLURK

Saturday, December 06, 2008

Bericara di FreSh 4 - Freelancer vs Job Publishers

FreSh (Freedom of Sharing) adalah komunitas lokal yang berkembang bagi mereka yang bekerja khususnya di industri kreatif & internet. Komunitas ini sudah beberapa kali mengadakan pertemuan (dimana selalu bentrok dengan jadwal mengajar saya), namun pada pertemuan ke-4 mereka, tema yang diangkat adalah; "Freelancers vs Job Publishers". Selain merasa tertantang untuk datang, kebetulan belum ada pembicara dari sisi Job Publishers.

Chandra: Set your terms!
FreSh 4 : the usual suspects by Chandra Marsono, on Flickr FreSh 4 : om Harry's Presentation FreSh 4 : Group Shot!! FreSh 4 : Group Shot!!

Presentasi yang saya bawakan sebetulnya menyentuh dua dunia, yaitu Freelancer dan Job Publisher. Dari sisi freelancers adalah kepentingan untuk mengorganisir pekerjaan dan memproteksi diri dari client, sedangkan dari sisi job publisher adalah mengenai memulai usaha, basic management dan memperlakukan freelancer baik sebagai tenaga kerja yang penting dan memproteksi diri dari freelancer nakal.

Presentasi malam itu bisa dilihat di SlideShare.com
Selain aku, ada beberapa pembicara lain dari rekan freelancer seperti Aria Rajasa dan Harry JH yang membawakan topik-topik menarik (walau pas Aria hampir selesai presentasi, aku baru datang)

Related Links:
- Chicken Strip 129: Client From Hell
- FreSh! 4.0: Berbagi Pengalaman Seputar Dunia Freelance
- Detik i-Net: FreSh Berbagi Pengalaman Seputar Dunia Freelance
- “Freelancer VS Jobs Publisher” @FreSh!
- FreSh 4.0

No comments: