Hello!
Welcome to my little blog. Besides the stories, news, perspectives and rantings below. My last tweet was :
""

follow me on Twitter or follow me on PLURK

Monday, July 17, 2006

Pengalaman ke Rumah Sakit

Wah, ngga' kerasa Vira sudah hampir 3 bulan. Sabtu kemarin setelah nge-drop mama-nya Vira di kampusnya, gue nganter Vira ke Klinik Raudah di Rs.Islam Jakarta. Sudah waktunya untuk imunisasi DPT (Diphtheria, Pertussis, Tetanus) dan polio yang ke-3.
Aku sempet takut, soalnya selama ini kabarnya kalo suntik DPT pasti side-effectnya adalah sakit panas selama kurang lebih 2 hari, sementara besok pagi ada iparku yang nikah di Bandung. Tapi, ya namanya imunisasi, gw ngga' mau terlambat lah. Panas-panas deh, daripada ada masalah nantinya.
Sewaktu mau ketemu dokter, Vira ditimbang dulu, dan suster perawat menawarkan 2 macam tipe vaksin DPT. Terjadilah pembicaraan yang rada aneh:
"Ada yang panas dan yang ngga' panas pak", tawar sang suster.
"kok kaya' teh manis mba'? Yang ngga' panas pake es atau gimana?"
"Ya enggak lah pak. Yang DPT biasa ada resiko demam, itu gejala normal"
"mmmm... jadi ada kemungkinan ngga' demam dong Sus?"
"Iya pak, tergantung kondisi kesehatan si anak"
"Trus kalo yang ngga' panas dijamin ngga' demam Sus?"
"Ya ngga' juga sih pak, tergantung kesehatan si anak"
"Lha... apa bedanya Sus? Sama aja dong"
"Kalo pakai yang ngga' panas resikonya kecil pak"
"anak saya agak pilek nih, kalo pakai yang ngga' panas nanti demam ngga?"
"Ya tergantung pak...""Kok tergantung sih mba'? Ada warranty-nya ngga'?"
"Ya ngga' dong pak, emang beli TV?"
"Harus ada dong mba' anak gue kan jauh lebih mahal dari TV. Bikinnya aja sulit, mba' mau tau sesulit apa?"
"Ih bapak genit"
"Lha... siapa yang genit?? gue lagi nanya vaksin DPT kok"
"Oh, saya kira godain saya"
"Busyet, ge-er banget ya.... soal panas-ngga'-panas tadi gimana"
"Ada 90% kemungkinan ngga' akan demam pak... tuh kan bapak genit"
"Genit apaan sih mba'???!?!"
"Matanya kedip-kedip gitu"
"Saya lagi gendong anak sambil nyusuin botol, mata gatel masa' disuruh ngucek pake jempol kaki, yang bener aja mba"
"Mau saya kucekin pak?"
"Nah.... mba' yang ganjen kan!"

- end of story... jadi ngelantur kemana-mana.

Anyway, akhirnya gue pilih DPT yang ngga' panas, followed by Polio drops. Buat jaga-jaga gue beli Tempra sekalian. Pengalaman tambahan kalo periksa dan imunisasi ke dokter: jadi kenal banyak ibu-ibu. Ada yang demen ngobrol (sampe kuping gue panas...beneran, kuping dah anget banget), ada yang demen ngebanggain anaknya, ada yang rada-rada curhat kaya' iklan teh botol, tapi all in a name of good fun. Biasanya pembicaraan dimulai dari pertanyaan:

"Adek lucu banget sih, mamanya kemana??", tanya si ibu-ibu
"Lagi kuliah...", jawab gue sembari pake suara bayi, seakan Vira yang ngomong
"Wah, bapaknya mau ya nganterin... kalo suami saya mah bla bla bla...."

Dan begitulah mulai hampir 70% pembicaraan di ruang tunggu poli anak. Biasanya yang dibicarakan soal suaminya, anaknya yang mulai bandel, terus memberikan nasehat-nasehat, terus bicara soal tetangganya (sumpah beneran, tetangganya gue kenal juga kagak), dan bisa ngalor-ngidul kemana-mana... Tapi daripada bosen atau ngga' sopan... gue tinggal manggut-manggut aja atau sambil ngeliatin Vira.
Tapi ngga' selalu sih, sering juga dapet yang ngajak ngomong yang rada interesting. Tapi pas lagi dapet yang bigos abis, senjata paling ampuh untuk cabut, gue tinggal liat Vira trus ngomong:

"Napa sayang?? wah, mau pup ya? Bentar ya bu, saya ganti popok anak saya dulu"

Works everytime ;-)

No comments:

Lilypie 3rd Birthday Ticker Lilypie 1st Birthday Ticker